MATERI 4
SOAL LATIHAN
MENULIS PARAGRAF
EKSPOSISI, DESKRIPSI DAN NARASI
Kelas X
|
Semester Ganjil
|
Standar Kompetensi
4.
Mengungkap -kan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif,
deskriptif, ekspositif
|
Kompetensi Dasar
4.1.
Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk
paragraf naratif
4.2.
Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
4.3.
Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentu ragam paragraf ekspositif
|
Pilihlah salah satu pilihan jawaban yang paling
tepat!
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Suasana pagi hari di Taman
Wisata Kaliurang sangat sejuk. Kicau burung bersahut-sahutan.
Semilir angin sepoi-sepoi menambah sejuknya udara pagi.
Warna-warni bunga yang ada di taman membuat orang betah duduk. Taman dihiasi
pepohonan. Taman itu juga dihiasi beberapa patung bangau
putih. Patungpatung itu terlihat sangat unik. Di tengah taman terdapat
kolam. Di tengah kolam terdapat air mancur. Aneka mainan
anak-anak turut melengkapi Taman Wisata Kaliurang.
1.
Paragraf di atas termasuk karangan
…
A.
Narasi
B.
Argumentasi
C.
Deskripsi
D.
Persuasi
E.
Eksposisi
2. Pagi itu, aku duduk di
bangku panjang disamping kolam ikan. Matahari belum tinggi benar, baru
sepenggal. Sinar matahari pagi menghangatkan badan dan mengusir dingin. Di
timur sana, terlihat indah kaki gunung Ciremai. Alangkah indahnya ciptaan
Illahi
Paragraf
di atas termasuk kedalam jenis karangan
…
A.
Narasi
B.
Argumentasi
C.
Deskripsi
D.
Persuasi
E.
Eksposisi
3.
Karangan
yang menggambarkan sesuatu (tempat, keadaan, atau benda) dengan cara merangsang
indra sehingga seolah-olah pembaca melihat sendiri apa yang digambarkan disebut
karangan ….
A. Narasi
B. Argumentasi
C. Deskripsi
D. Persuasi
E. Eksposisi
4. Sinar matahari sudah
menggelincir ke barat. Kuningnya mulai beranjak ke warna merah, menimpa pucuk
daun-daun kelapa yang berjajar di ladang. Kami mellihat para pekerja bergegas
membereskan peralatan. Kami berjalan menuju rumah nenek. Perjalanan kami hari
ini cukup berkesan.
Jenis karangan yang digunakan dalam penggalan wacana di atas adalah .......
A.
Narasi non-fiksi
B.
Persuasi
C.
Narasi fiksi
D.
Deskripsi waktu
E.
Eksposisi
5.
Cermatilah kalimat-kalimat berikut! UN-SMA-07-28
(1)
Pengairan selanjutnya dikurangi,
terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka basah
(menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)
Mula-mula air disalurkan melalui
saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga
tanah cukup basah.
(3)
Selanjutnya, air segera dialirkan
melalui saluran pembuangan.
(4)
Pengairan harus dilakukan secara kontinu
3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)
Pengairan dilakukan dengan cara
digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat
tersebut dapat dijadikan paragraph eksposisi yang padu dengan urutan
A. (1),
(3), (2), (5), dan (4)
B. (2),
(1), (5), (4), dan (3)
C. (3),
(1), (5), (2), dan (4)
D. (4),
(5), (1), (2), dan (3)
E. (4),
(1), (5), (2), dan (3)
6. Pada soal no. 5, setelah terbentuk
menjadi paragraph eksposisi yang padu, maka paraagraf di atas termasuk paragraph
eksposisi dengan pola pengembangan…..
A.
Eksposisi
Klasifikasi
B.
Eksposisi
Definisi
C.
Eksposisi
Proses
D.
Eksposisi
Ilustrasi
E.
Eksposisi
Berita
Cermati
paragraph-paragraf berikut!
Paragraf
1
Hakikat hidup adalah bekerja. Dapat dikatakan bahwa salah
satu ciri manusia hidup adalah bekerja. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikis.
Paragraf
2
Antara bekerja dan kesehatan manusia saling berhubungan
bahkan saling berpengaruh. Hal ini terbukti misalnya dari kenyataan bahwa
seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak bekerja. Atau
kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi
sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu.
7. Titik
pandang perbincangan kedua paragraf di atas adalah....
A. Paragraf
1 menyoroti hakikat bekerja dan paragraf 2 menyoroti hubungan bekerja dengan
kehidupan.
B. Paragraf
1 menyoroti hakikat hidup dan paragraf 2 menyoroti hubungan bekerja dengan
kesehatan.
C. Paragraf
1 nienyoroti ciri manusia bekerja dan paragraf 2 menyoroti manfaat bekerja.
D. Paragraf
1 menyoroti masalah bekerja dalam kehidupan manusia dan paragraf 2 menyoroti
kesehatan manusia ditentukan pekerjaannya.
E. Paragraf
1 menyoroti faktor fisik dan psikis dan paragraf 2 menyoroti karakteristik
seseorang.
8. Pernahkah
Anda melihat badak bercula satu? Culanya terdapat di atas moncong melengkung
seperti gading gajah. Poster tubuhnya lebih pendek daripada kerbau. Kakinya
pendek. begitu pula ekornya................
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A. Badak
bercula satu berada di Taman Nasional Ujung Kulon.
B. Taman
Nasional Ujung Kulon masuk wilayah Kabupaten Pandeglang.
C. Jika
beruntung dapat melihat aktivitas binatang tersebut.
D. Taman
Nasional Ujung Kulon untuk pelestarian badak bercula satu.
E. Tubuhnya
gemuk dan moncongnya agak panjang.
Cermati teks berikut!
Perawatan
tanaman dilakukan dengan seksama, yaitu diberi pupuk, disirami, dan disiangi
rumput yang mengganggunya. Sehingga, tanaman tumbuh subur dan berkualitas baik.
Jika berbuah dapat dinikmati dengan rasa puas. Begitu pula manusia. Sejak bayi,
sang ibu memperhatikan gizi, memberi kasih sayang dan pendidikan yang layak,
serta menghindari hal-hal negatif. Kelak si anak menjadi orang yang berguna dan
keberadaannya dibutuhkan orang. Jadi, merawat dan membesarkan anak hingga
menjadi orang yang berguna seperti merawat tanaman untuk memperoleh kualitas
yang baik.
9. Berdasarkan
jenis pengembangannya teks di atas termasuk paragraf…………
A. Eksposisi Ilustrasi
B. Eksposisi Analisis
C. Eksposisi Definisi
D. Eksposisi Berita
E. Eksposisi Analogi
10. Hal
yang dibandingkan dalam paragaraf di atas adalah....
A. merawat
anak dengan merawat tanaman
B. kualitas
anak sama dengan kualitas tanaman
C. perawatan
tanaman sama halnya perawatan anak
D. gizi
anak dengan gizi tanaman haruslah sama
E. seorang
anak dengan tanaman tidakjauh berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar