Senin, 01 Agustus 2016

SOAL LATIHAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI, DESKRIPSI DAN NARASI

MATERI 4
SOAL LATIHAN
MENULIS PARAGRAF
EKSPOSISI, DESKRIPSI DAN NARASI

Kelas X
Semester Ganjil
Standar Kompetensi
4. Mengungkap -kan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif
Kompetensi Dasar
4.1. Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
4.2. Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf  deskriptif
4.3. Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentu ragam paragraf  ekspositif 

Pilihlah salah satu pilihan jawaban yang paling tepat!
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Suasana pagi hari di Taman Wisata Kaliurang sangat sejuk. Kicau burung bersahut-sahutan. Semilir angin sepoi-sepoi menambah sejuknya udara pagi. Warna-warni bunga yang ada di taman membuat orang betah duduk. Taman dihiasi pepohonan. Taman itu juga dihiasi beberapa patung bangau putih. Patungpatung itu terlihat sangat unik. Di tengah taman terdapat kolam. Di tengah kolam terdapat air mancur. Aneka mainan anak-anak turut melengkapi Taman Wisata Kaliurang.
1.      Paragraf di atas termasuk karangan …
A.    Narasi                
B.     Argumentasi
C.     Deskripsi           
D.    Persuasi
E.     Eksposisi


2.     Pagi itu, aku duduk di bangku panjang disamping kolam ikan. Matahari belum tinggi benar, baru sepenggal. Sinar matahari pagi menghangatkan badan dan mengusir dingin. Di timur sana, terlihat indah kaki gunung Ciremai. Alangkah indahnya ciptaan Illahi
Paragraf di atas termasuk kedalam jenis karangan  …
A.    Narasi                
B.     Argumentasi
C.     Deskripsi           
D.    Persuasi
E.     Eksposisi

3.     Karangan yang menggambarkan sesuatu (tempat, keadaan, atau benda) dengan cara merangsang indra sehingga seolah-olah pembaca melihat sendiri apa yang digambarkan disebut karangan ….
A. Narasi                  
B.  Argumentasi
C.  Deskripsi             
D. Persuasi
E.  Eksposisi

4.  Sinar matahari sudah menggelincir ke barat. Kuningnya mulai beranjak ke warna merah, menimpa pucuk daun-daun kelapa yang berjajar di ladang. Kami mellihat para pekerja bergegas membereskan peralatan. Kami berjalan menuju rumah nenek. Perjalanan kami hari ini cukup berkesan.
Jenis karangan yang digunakan dalam penggalan wacana di atas adalah .......
A.   Narasi non-fiksi    
B.    Persuasi
C.    Narasi fiksi          
D.   Deskripsi waktu
E.    Eksposisi    

5.     Cermatilah kalimat-kalimat berikut! UN-SMA-07-28
(1)   Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang, karena tanah yang terluka basah (menggenang) dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)  Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan atau bedengan hingga tanah cukup basah.
(3)  Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)  Pengairan harus dilakukan secara kontinu 3-5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)  Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraph eksposisi yang padu dengan urutan
A.   (1), (3), (2), (5), dan (4)
B.    (2), (1), (5), (4), dan (3)
C.    (3), (1), (5), (2), dan (4)
D.   (4), (5), (1), (2), dan (3)
E.    (4), (1), (5), (2), dan (3)

6.  Pada soal no. 5, setelah terbentuk menjadi paragraph eksposisi yang padu, maka paraagraf di atas termasuk paragraph eksposisi dengan pola pengembangan…..
A.   Eksposisi Klasifikasi
B.    Eksposisi Definisi
C.    Eksposisi Proses
D.   Eksposisi Ilustrasi
E.    Eksposisi Berita

Cermati paragraph-paragraf berikut!
Paragraf 1
Hakikat hidup adalah bekerja. Dapat dikatakan bahwa salah satu ciri manusia hidup adalah bekerja. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia, baik secara fisik maupun psikis.
Paragraf 2
Antara bekerja dan kesehatan manusia saling berhubungan bahkan saling berpengaruh. Hal ini terbukti misalnya dari kenyataan bahwa seseorang menjadi lebih sehat bila ia bekerja daripada tidak bekerja. Atau kenyataan yang lain sebaliknya, yaitu seseorang yang bekerja malah menjadi sakit karena kondisi pekerjaannya tidak sesuai dengan karakteristik orang itu.
7.    Titik pandang perbincangan kedua paragraf di atas adalah....
A.  Paragraf 1 menyoroti hakikat bekerja dan paragraf 2 menyoroti hubungan bekerja dengan kehidupan.
B.    Paragraf 1 menyoroti hakikat hidup dan paragraf 2 menyoroti hubungan bekerja dengan kesehatan.
C.  Paragraf 1 nienyoroti ciri manusia bekerja dan paragraf 2 menyoroti manfaat bekerja.
D.   Paragraf 1 menyoroti masalah bekerja dalam kehidupan manusia dan paragraf 2 menyoroti kesehatan manusia ditentukan pekerjaannya.
E. Paragraf 1 menyoroti faktor fisik dan psikis dan paragraf 2 menyoroti karakteristik seseorang.

8.    Pernahkah Anda melihat badak bercula satu? Culanya terdapat di atas moncong melengkung seperti gading gajah. Poster tubuhnya lebih pendek daripada kerbau. Kakinya pendek. begitu pula ekornya................
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut adalah ...
A. Badak bercula satu berada di Taman Nasional Ujung Kulon.
B.  Taman Nasional Ujung Kulon masuk wilayah Kabupaten Pandeglang.
C.  Jika beruntung dapat melihat aktivitas binatang tersebut.
D. Taman Nasional Ujung Kulon untuk pelestarian badak bercula satu.
E.  Tubuhnya gemuk dan moncongnya agak panjang.

Cermati teks berikut!
Perawatan tanaman dilakukan dengan seksama, yaitu diberi pupuk, disirami, dan disiangi rumput yang mengganggunya. Sehingga, tanaman tumbuh subur dan berkualitas baik. Jika berbuah dapat dinikmati dengan rasa puas. Begitu pula manusia. Sejak bayi, sang ibu memperhatikan gizi, memberi kasih sayang dan pendidikan yang layak, serta menghindari hal-hal negatif. Kelak si anak menjadi orang yang berguna dan keberadaannya dibutuhkan orang. Jadi, merawat dan membesarkan anak hingga menjadi orang yang berguna seperti merawat tanaman untuk memperoleh kualitas yang baik.
9.     Berdasarkan jenis pengembangannya teks di atas termasuk paragraf…………
A.   Eksposisi Ilustrasi
B.    Eksposisi Analisis
C.    Eksposisi Definisi
D.   Eksposisi Berita
E.    Eksposisi Analogi
10.   Hal yang dibandingkan dalam paragaraf di atas adalah....
A. merawat anak dengan merawat tanaman
B.  kualitas anak sama dengan kualitas tanaman
C.  perawatan tanaman sama halnya perawatan anak
D. gizi anak dengan gizi tanaman haruslah sama

E.  seorang anak dengan tanaman tidakjauh berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar