MATERI 1
MENANGGAPI ISI BERITA
Kelas X SMA
|
Semester Ganjil
|
Standar Kompetensi :
1.
Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung dan tidak
langsung.
|
Kompetensi Dasar:
1.1.
Menanggapi siaran atau informasi dari
media elektronik (berita dan
nonberita
|
Tujuan Pembelajaran:
1. Secara Kognitif siswa
dapat :
·
Memahami pengertian dan sifat berita dan non berita
·
Menganalisis pokok-pokok informasi
·
Menanggapi informasi (mengugkapkan pendapat terhadap suatu
berita}
|
2. Secara Afektif siswa
dapat:
·
Mengikuti kegiatas KBM dengan penuh antusias
·
Mengkomunikasikan permasalan yang belum dipahami
·
Memperjelas pendapat atau penjelasan yang disampaikan orang
lain
·
Membentuk pendapat untuk menanggapi suatu permasalahan
·
Menunjukan akhlak mulia atau kearifan lockal lainnya yang
dapat mengidentifikasi karakter bangsa
|
3. Secara psikomotorik
siswa dapat:
·
Melaksanakan tugas kompetensi yang diberikan oleh guru
sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan
·
Menunjukkan atau
mempresentaikan hasil dan proses tugas kompetensi yang telah diselesaikan
|
Jenis Tagihan
·
Ulangan harian
·
Tugas Kelompok 1
|
A. POKOK-POKOK
ISI BERITA/INFORMASI
Berita merupakan cerita
atau keterangan mengenai peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi atau aktual
(KBBI, 2008:186). Secara jelas berita adalah informasi tentang suatu kejadian
yang sifatnya baru, menarik, dan sedang terjadi yang disajikan secara lisan
melalui media audio dan audio visual (radio/televisi) maupun secara tulisan
melalui media cetak dan internet agar dapat diketahui oleh khalayak ramai.
Jenis berita yang tersaji yaitu dapat berupa berita politik, ekonomi, olahaga,
hukum, kriminal, bencana alam dan sebagainya.
Beberapa hal pentng yang harus diperhatikan dalam sebuah
berita yaitu :
• Kebenaran berita
• Sumber berita
• Kelengkapan isi berita
Suratno dan Wahono (2010:5)
menjelaskan tentang teknik mendengarkan siaran berita untuk mencari pokok-pokok
berita dalam beberapa tahapan sebagai berikut::
1. Konsentrasilah pada siaran yang akan kamu dengarkan.
2.
Gunakan
indra pendengaranmu dengan penuh saksama.
3.
Dengarkan
siaran pembacaan berita secara utuh.
4.
Setelah
itu, buat kata-kata kunci/catatan kecil mengenai isi berita.
5.
Tulislah pokok-pokok isi berita dengan menggunakan metode 5W
+ 1 H, yaitu:
·
Apa (What) : Apa
kejadian yang sedang berlangsung?
·
Siapa (Who) :
Siapa saja yang terlibat dalam kejadian?
·
Dimana (Where) : Dimana
tempat kejadian?
·
Kapan (When) :
Kapan terjadinya?
·
Mengapa (Why) :
Mengapa bisa terjadi?
·
Bagaimana (How) :
Bagaimana solusinya?
6. Menceritakan
kembali isi berita secara runut dan jelas baik secara lisan maupun tulisan.
B. MENANGGAPI
ISI BERITA
Tanggapan adalah
ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dsb untuk menerangkan atau
menjelaskan (KBBI, 2008: 1442). Tanggapan juga dimaknai sebagai Written
or spoken statement wich gives an opinion on or explains something/ somebody.
(Oxford, 2005: 119) yaitu bentuk pernyataan lisan atau tulisan untuk memberikan
pendapat atau penjelasan tentang sesuatu/ seseorang.
Menanggapi berarti
memberi pendapat atau komentar terhadap uatu hal. Pendapat tersebut dapat
berisi penyataan dukungan atau persetujuan, atau pernyataan negative berupa
sanggahan dan kritikan. Hal yang paling penting bahwa tanggapan yang diajukan
atau yang diberikan haruslah sesuai dengan topic.
Jadi, dari pengertian
di atas kita dapat mengetahui bahwa fungsi tanggapan adalah untuk menerangkan
atau menjelaskan.
1. Ciri-Ciri Tanggapan (Secara Umum)
a) Merupakan pernyataan
b) Berbentuk lisan atau
tulisan
c) Bertujuan untuk
menanggapi atau menjelaskan atas suatu hal yang sebelumnya disampaikan/
dilakukan pihak lain.
2. Indikator Tanggapan yang Baik
a) Sesuai dengan topik
yang dibahas
b) Bersifat objektif,
logis
c) Mengandung saran,
solusi, atau penyelesaian terhadap topik yang dibahas.
d) Tanggapan disampaikan
dengan bahasa dan sikap (jika tanggapannya berbentuk lisan) yang santun
e) Tanggapan yang
disampaikan dengan menyertakan alasan yang relevan dan seperlunya
f) Tanggapan yang
disampaikan tidak berlebihan
g) Tanggapan yang
disampaikan tidak bertujuan merendahkan atau memojokkan pihak lain
DAFTAR PUSTAKA
Suyatno dan Wahono.
2010. Bahasa Indonesia untuk SMA dan MA
Kelas X. Jakarta
: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
2008. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Oxford Advanced
Learner’s Dictionary.
2005. Oxford: Oxford University Press
Tidak ada komentar:
Posting Komentar