Minggu, 31 Juli 2016

MATERI 1 MENANGGAPI ISI BERITA

MATERI 1
MENANGGAPI ISI BERITA

Kelas X SMA
Semester Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung.
Kompetensi Dasar:
1.1. Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita
Tujuan Pembelajaran:
1.   Secara Kognitif siswa dapat :
·   Memahami pengertian dan sifat berita dan non berita
·   Menganalisis pokok-pokok informasi
·   Menanggapi informasi (mengugkapkan pendapat terhadap suatu berita}
2.  Secara Afektif siswa dapat:
·   Mengikuti kegiatas KBM dengan penuh antusias
·   Mengkomunikasikan permasalan yang belum dipahami
·   Memperjelas pendapat atau penjelasan yang disampaikan orang lain
·   Membentuk pendapat untuk menanggapi suatu permasalahan
·   Menunjukan akhlak mulia atau kearifan lockal lainnya yang dapat mengidentifikasi karakter bangsa
3. Secara psikomotorik siswa dapat:
·   Melaksanakan tugas kompetensi yang diberikan oleh guru sesuai dengan petunjuk yang telah disediakan
·   Menunjukkan  atau mempresentaikan hasil dan proses tugas kompetensi yang telah diselesaikan
Jenis Tagihan
·   Ulangan harian
·   Tugas Kelompok 1

A.  POKOK-POKOK ISI BERITA/INFORMASI
Berita merupakan cerita atau keterangan mengenai peristiwa atau kejadian yang baru saja terjadi atau aktual (KBBI, 2008:186). Secara jelas berita adalah informasi tentang suatu kejadian yang sifatnya baru, menarik, dan sedang terjadi yang disajikan secara lisan melalui media audio dan audio visual (radio/televisi) maupun secara tulisan melalui media cetak dan internet agar dapat diketahui oleh khalayak ramai. Jenis berita yang tersaji yaitu dapat berupa berita politik, ekonomi, olahaga, hukum, kriminal, bencana alam dan sebagainya.


Beberapa hal pentng yang harus diperhatikan dalam sebuah berita yaitu :
• Kebenaran berita
• Sumber berita
• Kelengkapan isi berita

Suratno dan Wahono (2010:5) menjelaskan tentang teknik mendengarkan siaran berita untuk mencari pokok-pokok berita dalam beberapa tahapan sebagai berikut::
1.     Konsentrasilah pada siaran yang akan kamu dengarkan.
2.    Gunakan indra pendengaranmu dengan penuh saksama.
3.    Dengarkan siaran pembacaan berita secara utuh.
4.    Setelah itu, buat kata-kata kunci/catatan kecil mengenai isi berita.
5.    Tulislah pokok-pokok isi berita dengan menggunakan metode 5W + 1 H, yaitu:
·         Apa (What)         : Apa kejadian yang sedang berlangsung?
·         Siapa (Who)        : Siapa saja yang terlibat dalam kejadian?
·         Dimana (Where) : Dimana tempat kejadian?
·         Kapan (When)      : Kapan terjadinya?
·         Mengapa (Why)   : Mengapa bisa terjadi?
·         Bagaimana (How) : Bagaimana solusinya?
6.    Menceritakan kembali isi berita secara runut dan jelas baik secara lisan maupun tulisan.

B.  MENANGGAPI ISI BERITA
Tanggapan adalah ulasan atau tanggapan atas berita, pidato, dsb untuk menerangkan atau menjelaskan (KBBI, 2008: 1442). Tanggapan juga dimaknai sebagai Written or spoken statement wich gives an opinion on or explains something/ somebody. (Oxford, 2005: 119) yaitu bentuk pernyataan lisan atau tulisan untuk memberikan pendapat atau penjelasan tentang sesuatu/ seseorang.
Menanggapi berarti memberi pendapat atau komentar terhadap uatu hal. Pendapat tersebut dapat berisi penyataan dukungan atau persetujuan, atau pernyataan negative berupa sanggahan dan kritikan. Hal yang paling penting bahwa tanggapan yang diajukan atau yang diberikan haruslah sesuai dengan topic.
Jadi, dari pengertian di atas kita dapat mengetahui bahwa fungsi tanggapan adalah untuk menerangkan atau menjelaskan.
1.     Ciri-Ciri Tanggapan (Secara Umum)
a)    Merupakan pernyataan
b)   Berbentuk lisan atau tulisan
c)    Bertujuan untuk menanggapi atau menjelaskan atas suatu hal yang sebelumnya disampaikan/ dilakukan pihak lain.
2.    Indikator Tanggapan yang Baik
a)    Sesuai dengan topik yang dibahas
b)   Bersifat objektif, logis
c)    Mengandung saran, solusi, atau penyelesaian terhadap topik yang dibahas.
d)   Tanggapan disampaikan dengan bahasa dan sikap (jika tanggapannya berbentuk lisan) yang santun
e)   Tanggapan yang disampaikan dengan menyertakan alasan yang relevan dan seperlunya
f)    Tanggapan yang disampaikan tidak berlebihan
g)   Tanggapan yang disampaikan tidak bertujuan merendahkan atau memojokkan pihak lain



DAFTAR PUSTAKA
Suyatno dan Wahono. 2010. Bahasa Indonesia untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary. 2005. Oxford: Oxford University Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar