Kamis, 02 Juni 2016

FILOSOFI ANGKA BAHASA JAWA

FILOSOFI ANGKA BAHASA JAWA

Filosofi bilangan dalam jawa. Dalam bahasa Indonesia :
21 Dua Puluh Satu, 
22 Dua Puluh Dua,...s/d
29 Dua Puluh Sembilan.
Dalam bhs Jawa tidak diberi nama Rongpuluh Siji, 
Rongpuluh Loro, dst; melainkan 
Selikur, Rolikur,...s/d Songo Likur. 

Di sini terdapat satuan LIKUR 
Yang merupakan kependekan dari (LIngguh KURsi), artinya duduk di kursi.
Pada usia 21-29 itulah pada umumnya manusia mendapatkan “TEMPAT DUDUKNYA”, pekerjaannya, profesi yang akan ditekuni dalam kehidupannya; 

Ada penyimpangan pada bilangan 25, tidak disebut sebagai LIMANG LIKUR, melainkan SELAWE.

SELAWE = (SEneng-senenge LAnang lan WEdok). 
Puncak asmaranya laki-laki dan perempuan, yang ditandai oleh pernikahan. 
Maka pada usia tersebut pada umumnya orang menikah (dadi manten).

Ada penyimpangan lagi nanti pada bilangan 50. 
Setelah Sepuluh, Rongpuluh, 
Telung Puluh, Patang puluh, 
mestinya Limang Puluh. 
Tapi 50 diucapkan menjadi SEKET. 
SEKET (SEneng KEthonan : suka memakai Kethu/tutup kepala topi/kopiah). Tanda Usia semakin lanjut, tutup kepala bisa utk menutup botak atau rambut yg memutih karena semirnya habis...
Di sisi lain bisa juga Kopiah atau tutup kepala melambangkan orang yang seharusnya sdh lebih taat beribadah...!
Pada usia 50 th mestinya seseorang seharusnya lebih memperbanyak ibadahnya dan lebih berbagi untuk bekal memasuki kehidupan akherat yg kekal dan abadi...!.

Dan kemudian masih ada satu bilangan lagi, yaitu 60, yang namanya menyimpang dari pola, bukan Enem Puluh melainkan SEWIDAK atau SUWIDAK.
SEWIDAK (SEjatine WIs wayahe tinDAK). 
Artinya : sesungguhnya sudah saatnya pergi. Sudah matang...
Hrs sdh siap dipanggil menghadap Tuhan..

Semoga bermanfaat smoga tetap sehat semangat walau meh SWIDAK 

*yg merasa sewidak punjuL tidak boleh complain.... sambiL nutup kamus bahasa jawa.....yang gak bs bahasa jawa jangan nangis....

ELING lan WASPODO


MANUSIA PADA JAMAN DULU SUDAH MEMIKIRKAN TENTANG FALSAFAH HIDUP YNG LUAR BIASA.

(Tulisan ini disunting dari sumber yang belum diketahui. Penyunting hanya menghendaki ilmu hikmah dari filosofi ini. Terima kasih.) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar