Minggu, 31 Juli 2016

SOAL LATIHAN MENANGGAPI ISI BERITA

MATERI 1
SOAL LATIHAN
MENANGGAPI ISI BERITA

Kelas X SMA
Semester Ganjil
Standar Kompetensi :
1. Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung dan tidak langsung.
Kompetensi Dasar:
1.1. Menanggapi siaran atau informasi dari  media  elektronik (berita dan nonberita



Berita berikut untuk menyelesaikan soal no 1-3!
SUDAH BERGESER
Sebelum ambruk, Jembatan Kartanegara dikabarkan bergeser 15 sentimeter. Kabar ini juga disampaikan Rita kepada Kaltim Post, Februari 2011 lalu, tiga bulan sebelum acara Pentas Tani dan Nelayan Indonesia (Penas) KTNA dimulai. Saat itu, Rita menerima laporan dari seorang petugas pemasang lampu jembatan yang mengatakan bagian puncak dua tiang utama telah bergeser dari posisi semula. Rita sempat khawatir jembatan ambruk dan tak kuat menampung ribuan peserta Penas yang datang ke Kukar. "Karena nanti setiap hari volume kendaraan lewat di jembatan bertambah drastis. Makanya saya minta Dinas PU segera memeriksa dan melakukan perbaikan," ujar Rita kala itu.
Setelah dilakukan pengecekan, PU mengakui jembatan bergeser sekitar 15 sentimeter. Tapi pergeseran itu diyakini masih dalam batas toleransi dan tidak berdampak buruk. PU menganggarkan Rp 3 miliar pada tahun 2011 untuk biaya pemeliharaan jembatan. "Jembatan itu tidak akan ambruk jadi tidak perlu khawatir. Kita melakukan tindakan pemeliharaan seperti pengencangan baut-baut yang longgar, mengganti yang rusak dan memperbaiki hanger (penggantungan kabel, Red) jembatan," kata Didi kala itu.
Sementara, Divisi Riset dan Pendidikan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Abdullah Naim mengaku mendapat kabar dari warga, Oktober lalu, Jembatan Kartanegara disenggol ponton batu bara. “Kenapa diperbaiki? Apa ditabrak atau bagaimana? Kami harap polisi menyelidiki,” pintanya.
              Kaltim Pos : 30 November 2011

1.     Pokok informasi yang terdapat dalam berita diatas adalah......
A. Dibalik ambruknya Jembatan Mahakam Dua Kutai Kartanegara
B. Jembatan Kartanegara dikabarkan bergeser 15 sentimeter sebelum ambruk
C. Laporan dari seorang petugas pemasang lampu jembatan yang mengatakan bagian puncak dua tiang utama telah bergeser dari posisi semula
D. PU mengakui jembatan bergeser sekitar 15 sentimeter, tiga bulan sebelum acara Pentas Tani dan Nelayan Indonesia (Penas) KTNA dimulai
E. Kabar dari warga bahwa Oktober lalu, Jembatan Kartanegara disenggol ponton batu bara

2.    Pertanyaan yang tepat dengan isi berita diatas adalah......
A.  Mengapa dibiarkan jika sudah diketahui?
B. Bagaimana dinas PU sampai tidak tahu masalah pergeseran jembatan mahakam dua?
C. Siapakah warga yang mengabarkan Jembatan Kartanegara disenggol ponton batu bara?
D. Siapakah yang memberikan laporan kepada Rita atas pergeseran Jembatan Kartanegara?
E.  Kapankah tragedi ambruknya Jembatan Kartanegara terjadi?

3.    Tanggapan yang sesuai dengan berita diatas adalah......
A. Seharusnya jembatan itu tidak akan ambruk karena Dinas PU telah melakukan melakukan tindakan pemeliharaan seperti pengencangan baut-baut yang longgar, mengganti yang rusak dan memperbaiki hanger
B. Jembatan Kartanegara memang sudah seharusnya ambruk karena dari segi umur dan kualitas tidak memenuhi dan hal ini bisa menjadi palajaran agar kita berhati-hati jika melewati jembatan.
C. Tidak menjadi suatu hal yang mustahil dari kejadian ambruknya jembatan Kutai Kartanegara meskipun umurnya diperkirakan akan mencapai 100 tahun sekalipun namun kenyataanya apa yang terjadi? Jembatan itu ambruk sebelum perkiraan dan menelan banyak korban jiwa.
D. Sebaiknya masalah lebih diperhatikan lagi karena secara langsung merupakan bagian akses utama penghubung suatu daerah bahkan tidak hanya itu saja banyak jalan rusak juga tidak diperhatikan. Ini merupakan PR bagi pemerintah.
E. Jika telah diketahui adanya laporan sebelum ambruknya Jembatan Kutai Kartanegara telah bergeser sejauh 15 cm, seharusnya berbagai upaya harus dilakukan, mulai dari pengecekan dan penelitian serta pemantauan kuantitas kendaran yang akan melintasi Jembatan Kutai Kartanegara

4.    Perhatikan kutipan informasi berikut!
Banyak warga desa yang menjual tanahnya kepada oknum pejabat Pemda dengan harga rendah, bahkan sampai Rp.15.000,00 per meter persegi. Padahal, tanah tersebut mempunyai nilai strategis  bila jembatan lalu lintas pulau itu sudah dibangun. Tanah yang bernilai  pasar Rp. 200.000,00 per meter persegi itu dijual pemiliknya demi kepentingan proyek pemerintah.
Tanggapan yang sesuai dengan isi informasi di atas adalah…
A. Hal itu tidak perlu dipermasalahkan karena harga tanah disana sebelum ada proyek memang hanya Rp.15.000,00
B.  Pemeritah hendaknya memberi perlindungan dan penerangan kepada warga sekitar lokasi agar tidak tertipu.
C.  Rakyat memang masih penakut, begitu mudahnya oknum itu menekan mereka demi kepentingan sendiri.
D. Rakyat memang masih bodoh, begitu mudahnya mereka ditipu oknum yang tidak bertanggung jawab.
E.  Itulah akibatnya bila kita bodoh dan penakut. Pada saat orang lain memperoleh keuntungan, kita mudah saja ditakut-takuti dan ditipu orang yang tidak bertanggung jawab.

5.     Bacalah paragraf berikut!
Harga barang kebutuhan pokok daerah sungai Barito di pedalaman Kalimantan Tengah terus merambat naik seiring dengan semakin dangkalnya alur sungai tersebut. Surutnya air sungai Barito mengakibatkan pengangkutan bahan kebutuhan pokok ke wilayah pedalaman terhambat dan biayanya lebih mahal.
Pokok informasi yang disoroti dalam paragraf di atas adalah …
A.   Surutnya air sungai Barito
B.    Naiknya harga kebutuhan pokok
C.    Pengangkutan bahan pokok
D.   Alur sungai yang makin dangkal
E.    Hambatan pengangkutan ke pedalaman



Tidak ada komentar:

Posting Komentar